Mywhitepurple’s Blog

Archive for the ‘food’ Category

bahan-bahannya :

150 gram margarin

100 gram gula halus

2 sdm susu bubuk

3 buah kuning telur

280 gram sagu tani, disangrai

(kalo ga ada bs pake kanji tp tetep hrs disangrai)

1 sdt vanili

untuk toppingnya :

100 gram biji wijen putih

100 gram ceri merah / hijau

cara membuatnya :

kocok margarin, gula halus dan susu bubuk selama 3 menit.

tambahkan kuning telur, kocok rata. matikan mixer.

masukkan sagu (tepung kanji) dan vanili, aduk rata menggunakan spatula.

oya buah ceri nya jgn lupa dilap pake tisu supaya kering.

potong jadi 4 bagian.

ambil setengah sendok teh adonan, bentuk bulat.

gulingkan ke dalam wijen, lalu letakkan di atas loyang yang

uda di olesi sedikit margarin.

beri potongan ceri diatasnya, tekan agak kuat.

Image006#1

panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 25 menit.

angkat, diamkan hingga dingin.

simpan dalam toples kedap udara.

bahan :

250 gram margarin

4 buah kuning telur

300 gram tepung terigu

40 gram tepung maizena

175 gram keju, parut.

untuk toppingnya :

2 buah kuning telur, kocok lepas utk olesan

200 gram kacang kenari yg uda diiris-iris

atau 20 gram keju parut utk taburan

cara membuatnya :

kocok margarin hingga lembut.

masukkan kuning telur, kocok kembali hingga tercampur rata.

matikan mixernya.

tambahkan tepung terigu dan tepung maizena,

aduk rata menggunakan sendok kayu .

masukkan keju yang udah diparut.

aduk rata hingga berbentuk adonan.

giling adonan pake penggiling kayu (ato dl waktu aku kecil blm ada penggiling kayu,

pake botol sirup yang dicuci bersih trus diolesin tepung biar ga lengket) hingga ketebalan 1cm.

cetak adonan menggunakan cetakan kue (yang biasanya dari besi gitu),

terserah mau bentuk apa aja. kebetulan aku buat 2x pake cetakan bunga & persegi panjang.

letakkan di atas loyang yang udah diolesi sedikit margarin.

poles atas kue dengan kuning telur, lalu beri irisan kenari atau keju parut.

Image002#1Image002#2

panggang di dalam oven bersuhu 180 deerajat celcius selama 15 menit.

angkat dinginkan, lalu simpan dalam toples kedap udara.

Image006Image003#1

Resepnya :

150 gram mentega

150 gram gula halus

1 sdt vanili

5 buah kuling telur

250 gram tepung terigu

25 gram susu bubuk

toppingnya :

200 gram dark cooking chocolate

100 gram white cooking chocolate

cara membuat :

campur tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata, ayak

(kalo pake tepung terigu segitiga biru ga perlu diayak), sisihkan.

kocok mentega dan gula halus hingga lembut dan putih.

tambahkan telur satu per satu sambil terus dikocok hingga lembut.

matikan mixer. masukkan campuran tepung dan vanili,

aduk hingga tercampur rata.

siapkan loyang kue, olesi dengan sedikit mentega, sisihkan.

ada 2 cara utk membentuk adonan menjadi donat, yaitu :

1. pipihkan adonan menggunakan penggiling kayu, kemudia cetak dengan cetakan

kue berbentuk donat ukuran paling kecil.

2. ambil setengah sendok teh adonan, bentuk bulat kemudian pipihkan. lubangi tengah

adonan menggunakan stik kayu (kebetulan saya pake sendok kayu, bag atasnya).

usahakan lubang tengahnya sedikit besar karna adonan ini mengembang.

letakkan di atas loyang, lalu panggang dalam oven suhu 180 derajat celcius

selama 25 manit, angkat, dinginkan.

untuk toopingnya, lelehkan dark cooking chocolate dgn cara di tim.

setelah cair, aplikasi coklat bisa dengan 2 cara, yaitu 1 sendok makan coklat

dituangkan ke atas kue yang telah dingin atau anda bisa mencelupkan bag atas

kue ke dalam mangkok coklat cair (tapi ya rada panas gitu), kemudian sisihkan.

setelah semuanya dilumuri coklat, lelehkan white cooking chocolate dengan cara di tim.

semprotkan coklat putih ke bagian atas kue menggunakan kertas kue segitiga

(hias sesuai selera), kemudian diamkan hingga coklat membeku

(tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendingin).

tentunya, simpan kue di dalam toples kedap udara.

Image024#1

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Dark Chocolate Cooking. dark ato milk ato white ya terserah selera kamu aja. jenis coklatnya compound chocolate ya… karna coklat jenis ini gampang utk digunakan, aplg bagi amatiran kaya aku ini.

  1. Simba Coco Crunch 2 bungkus yang sedang (bukannya yang sachetan). 1 bungkus sekitar 3500an.

  2. Gula hias ato meses ceres warna-warni (aku pake meses habisnya tadi di toko ga ada gula hiasnya)

  3. Cup kertas buat coklat ato kue. 1bungkus kecil isi banyak bgt (mgkn 100) cuma 2000, ya tergantung besar kecilnya.

Caranya :

  1. potong coklat kecil-kecil.

  2. lelehkan dengan cara ditim di atas panci berisi air panas. Usahakan suhu berkisar 40oC, jgn sampe mendidih karna sturktur coklat jadi berubah n ketika dicetak tdk mengkilat (aku jg baru tau setelah baca buku yang baru aja aku beli setelah slese bikin tadi).

  3. siapin mangkok tahan panas.

  4. tuang coklat cairnya trus masukin coco crunch-nya deh… aduk-aduk sampe rata.

  5. siapin cup kertasnya (kalo aku tadi si butuh 50 cup karna cup nya ukuran rada gede. jd ga cute gitu deh jadinya).

  6. tuang adonan ke cup, bentuk sedikit mengerucut ato bulet. ya terserah kamu deh…

  7. kalo udah, taburin gula hias ato mesesnya sebelum coklatnya mengeras.

  8. masukin semua coklat yang udah dicetak ke dalam cup ke lemari pendingin sekitar 10-15menit (di bawah, bkn bagian freezer).

  9. selesai deh…