Mywhitepurple’s Blog

green wedding

Posted on: May 16, 2009

Global Warming sekarang memang jadi topik yang lagi happening banget. Nggak cuma kalangan dewasa aja yang mengerti akan global warming bahkan anak-anak TK sekarang banyak yang mendapatkan pengetahuan ini di sekolahnya yang tentunya disesuaikan dengan bahasa anak-anak sehingga mudah untuk dimengerti. Nah kalo anak TK aja mau ngerti dan ikut berpartisipasi membuat bumi lebih baik, kenapa kita yang uda dewasa nggak ikutan?

Wedding memang merupakan pesta yang mempunyai arti sangat besar bagi kedua belah pihak keluarga. Namun bukan berarti dalam wedding party kita bisa melakukan apapun tanpa memikirkan efeknya bagi bumi ini. Bukankah menjaga bumi tetap menjadi tempat yang nyaman untuk anak dan cucu kita hidup itu jauh lebih penting. Untuk itu jangan ragu untuk memasukkan pemikiran ini dalam menyusun wedding party anda!

Eits..Jangan Lupakan Sang Mentari…!!

Indoor Wedding Party siy uda biasa. Kenapa nggak mencoba untuk Outdoor Wedding Party? Bukannya sekarang lagi happening tuh… Selain nggak memakai listrik, kecuali untuk sound, suasana mengikat janji di bawah pohon yang rindang dengan hangatnya mentari yang masuk dari sela-sela dedaunan dan angin yang datang sepoi-sepoi membuat suasana menjadi sangat romantis? Bisa anda bayangkan tentunya… Namun jangan lupa untuk menyewa jasa pawang hujan ya… Nggak lucu donk kalau sang pengantin harus lari untuk berteduh ditengah upacara pengikatan janji.

Outdoor Wedding

Kalau anda memaksa untuk melaksanakan Indoor Wedding Party, anda bisa melaksanakannya di siang hari untuk penghematan pemakaian listrik tentunya. Khawatir panas? Kan sekarang banyak banget tenda yang lengkap dengan kelambu manis yang akan membuat suasana makin romantis dan tentu saja teduh.

Gaun Pengantin Ramah Lingkungan?

Jangan salah, ramah lingkungan bukan punya sesuatu yang berbau organik aja. Gaun pengantin pun ada yang ramah lingkungan. Ada beberapa perancang yang menganut ajaran ramah lingkungan ini dalam membuat gaun pengantinnya dan hasilnya…sungguh anda tidak akan menyangka. Beberapa konsep yang mereka anut yaitu ada yang membuat bustier dihiasi dengan bunga-bunga yang dibentuk dari kain perca yang bertabur payet. Ada juga yang mempunyai konsep menggunakan bahan lokal. Mengunakan bahan lokal tentunya mereduksi pemakaian bahan bakar untuk mengimpor bahan tersebut yang pada akhirnya juga mengurangi polusi udara. Bukankah selain ramah lingkungan, kita juga ikut mendukung perekonomian negeri sendiri.

Jika memang budget anda tidak cukup untuk menggunakan jasa perancang gaun pengantin, anda mungkin dapat menggunakan alternatif menyewa gaun pengantin. Jangan takut terlihat pasaran, anda biasa mangakalinya dengan mengganti bustier, bawahan (bila itu kebaya) dan tentunya hiasan kepala anda. Hemat dan sekali lagi, ramah lingkungan.

Tentu Saja, Produk Organik!

Produk organik emang identik dengan makanan diet dan hidangan untuk vegetarian. Namun yang anda harus ketahui, inti dari organik itu sendiri adalah mengurangi penggunaan bahan kimia dan pestisida yang menyamarkan cita rasa murni produk tersebut. Menggunakan produk-produk organik dalam hidangan anda selain tentu saja ramah lingkungan, anda juga memberikan hidangan yang menyehatkan bagi tamu terhormat anda. Nggak ada yang lebih indah selain sehat kan? Nah penyajikan hidangan sehat merupakan ucapan rasa terimakasih yang indah bagi mereka yang telah mendoakan kebahagiaan kita. Selain itu, kita juga mengenalkan mereka untuk hidup sehat dan ramah lingkungan. Kampanye terselubung yang indah bukan?

12127416831

No Plastik and Sterofom!

Plastik dan sterofom benar-benar mengancam kehidupan kita. Dalam pembuatan plastik dan sterofom memerlukan bahan bakar yang tidak sedikit dan limbahnya yang tidak dapat diuraikan hingga 100 tahun. Membakar plastik dan sterofom menghasilkan gas yang bersifat karsiogenik (memicu terjadinya kanker) yang tentu saja berbahaya bagi kita. Namun rasanya kita tidak dapat lepas dari penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa hal kecil dapat kita lakukan untuk mensiasati penggunaan bahan mengandung plastik.

NoSlash-StyrofoamRGB_FullNPMlogo4

Kita dapat mengganti plastik yang membungkus undangan dengan kain yang dapat dibentuk seperti kantong. No plastik dan dapat dipakai kembali untuk menyimpan benda-benda kecil.

Bila anda memakai menu ice cream di pesta anda, anda dapat mengganti cup ice cream plastik/sterofom dengan penggunaan contong ice cream yang dapat dikonsumsi juga (seperti beberapa produk ice cream ternama dan bukannya masa kecil kita yang berjualan ice cream keliling juga menggunakan ini? Sekalian nostalgia aja…).

Masih membungkus souvenir dengan plastik? Jelas kita menambah limbah karena nggak bisa dipakai ulang. Ide yang cemerlang adalah memilih souvenir yang tidak perlu dibungkus namun tetap indah. Kenapa tidak memilih benih tanaman dalam pot? Mengurangi limbah dan ikut aktif menghambat global warming.

Gali Potensi Lingkungan Anda

Dapat dimulai dengan mengeksplor sumber daya alam lingkungan anda. Siapa tau anda dapat menggunakannya dalam wedding party anda. Anda bisa menelusuri asal usul anda dan pasangan. Ambil sesuatu yang khas dari lingkungan anda (dapat berupa makanan, buah-buahan, kerajinan tangan dan kesenian) dan masukkan dalam wedding party anda. Tentunya akan sangat berasa kalau pesta itu memang milik anda dan pasangan. Apalagi siy yang lebih penting dari itu semua? So nggak semua kan yang eksklusif itu selalu identik dengan sesuatu yang berbau impor. Oya, dengan begitu anda juga ikut aktif dalam usaha kita untuk SAVE OUR NATION lhow…

batik3karna_w_begal__cerma_krusuk

Undangan Dari Kertas

Undangan dari kertas emang masih ngetrend sampe sekarang. Tapi bagi anda yang berjiwa muda dan nggak gaptek, mungkin anda harus berpikir untuk menggunakan digital invitation. Bisa mengurangi pemakaian kertas, nggak ribet dan murah! Anda dapat membuatnya sendiri atau menggunakan jasa pembuatan digital invitation. Tapi yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan para undangan yang dapat dikirimi digital invitation. Tentu saja harus nggak gaptek (biasanya siy anak muda dan orang-orang yang mengikuti perkembangan teknologi) dan yang penting bukan seseorang yang menganggap digital invitation itu sesuatu yang tidak formal (“Undangan koq gini? Nggak modal banget siy…” Nggak mau dapat komentar kaya gitu kan?). Untuk itu digital invitation tidak disarankan untuk undangan keluarga, relasi orang tua, pejabat dan atasan anda tentu saja.

947716_undanganbambukalkirs_564432_picture013

Bagi yang menggunakan undangan kertas, pilihlah yang menggunakan kertas daur ulang. Sekarang kertas daur ulang uda banyak banget macam warna dan teksturnya. Jadi anda tidak perlu khawatir undangan anda terlihat tidak eksklusif. Oya jangan lupa untuk mengecek berulang kali tulisan diundangan terutama tempat tanggal pernikahan, nama dan gelar dan waktu pernikahan agar tidak diperlukan pembuatan undangan ulang yang akan menambah limbah kertas.

Bila anda hanya dapat mengikuti beberapa hal diatas, that`s ok! Sekecil apapun langkah anda untuk mendukung penghambatan global warming sangatlah berarti bagi anak dan cucu kita nantinya. Tidak ada warisan yang paling indah selain bumi yang nyaman. Plan your green wedding!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: