Mywhitepurple’s Blog

seminar : memaksimalkan perkembangan otak kanan dan kiri pada anak (part 2)

Posted on: May 10, 2009

Bagaimanakah caranya meningkatkan dan mengembangkan kemampuan otak kanan pada anak? BERMAIN. Permainan yang sering kita mainkan dahulu seperti petak umpet, kelereng dan lompat tali. Karena sangat efektif untuk menigkatkan kreativitas anak. Selain itu permainan itu dimainkan bersama-sama dengan anak yang lain, sehingga akan mengajarkan anak caranya bersosialisasi yang baik, belajar untuk bersikap adil, sportif dan menghargai orang lain.

Contoh Buku

MENDONGENG. Adalah menceritakan dengan ekspresi. Saat orang tua mendongeng, anak akan berusaha menangkap ekspresi yang anda berikan. Sehingga kegiatan ini akan merangsang emosi, perasaan dan kemampuan imajinasi dari sang anak. Selain itu anak akan belajar memetik hikmah dari tiap cerita yang didongengkan dan menghargai pengalaman hidup orang lain. Dongeng tidak harus sebuah cerita khayalan. Apapun bisa didongengkan! Semua tergantung dari kreativitas anda agar cerita anda menjadi sebuah cerita yang menarik bagi anak.

MAINAN YANG TIDAK LENGKAP. Membuat anak berpikir bagaimana caranya melengkapi mainannya sehingga dapat digunakan. Misalnya : anda dapat membelikan mobil-mobilan dengan roda yang belum dipasang, boneka dengan beberapa potong pakaian yang diatur secara acak sehingga dia belajar untuk memasangkan atasan dan bawahan atau puzzle dengan gambar tokoh favoritnya.

KAKAK MENDONGENG UNTUK ADIK. Bila sang kakak telah dapat membaca, ajaklah sang kakak mendongeng untuk adiknya. Kegiatan ini mempunyai manfaat bagi kedua belah pihak. Adik akan menerima manfaat didongengkan dan kakak akan belajar untuk bercerita dan berekspresi. Selain itu kegiatan ini akan meningkatkan rasa sayang dan hubungan keluarga yang baik.

pramuka

ORGANISASI. Ikutkanlah anak dalam organisasi seperti pramuka, drum band dan lain-lain. Hal ini akan melatih anak untuk berani mengungkapkan pendapat, menerima adanya perbedaan pendapat dan belajar untuk meyakinkan orang lain akan pendapat dirinya.

Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa 90% kesuksesan seseorang dikarenakan 70% – 80% kemampuan otak kanannya. Untuk itu penting untuk orang tua mengembangkan kemampuan otak kanan dan otak kiri secara seimbang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: